cara optimasi postingan blog untuk seo

10 Cara Optimasi Postingan Blog Agar SEO Friendly

Posted on
5/5 (5)

Cara Optimasi Postingan Blog Agar SEO Friendly

Blogging untuk SEO cukup sulit. Menerbitkan posting blog biasa memberi Anda peluang untuk menargetkan sejumlah besar kata kunci berekor panjang, membuat orang lebih lama berada di situs web Anda, dan memberi situs web lain sesuatu untuk ditautkan kembali.

Membuat blog Anda dan menghasilkan konten untuk itu adalah langkah-langkah penting, tetapi Anda dapat membuatnya bekerja lebih jauh untuk upaya SEO Anda dengan mengambil beberapa langkah tambahan untuk mengoptimalkan posting blog Anda untuk SEO.

Meskipun umumnya Anda harus memprioritaskan penulisan untuk audiens Anda daripada mesin pencari, itu tidak berarti bahwa tidak ada langkah-langkah berguna yang dapat Anda ambil untuk membuat posting Anda melangkah lebih jauh dengan mesin pencari.

1. Lakukan Penelitian Kata Kunci.

Penelitian kata kunci harus menjadi salah satu langkah pertama yang Anda ambil dalam mengembangkan strategi blog untuk SEO karena membantu Anda mengetahui jenis topik yang diminati audiens Anda. Untuk setiap posting blog yang Anda tulis, sebaiknya memiliki satu atau dua kata kunci utama. dalam pikiran, bersama dengan beberapa kata kunci sekunder yang serupa atau terkait.

Anda ingin menggunakannya di pos yang relevan, tetapi hanya jika masuk akal untuk melakukannya. Jangan pernah mencoba memaksakan kata kunci di tempat yang tidak berfungsi – mesin pencari tidak menyukai isian kata kunci dan Anda dapat dihukum. Dan dengan Google menggunakan latent semantic indexing (LSI), itu kurang penting daripada dulu menggunakan kata kunci yang tepat sebagai pengganti sinonim atau istilah serupa. Tetapi memiliki kata kunci tersebut dalam pikiran dan menggunakannya saat Anda menulis masih sepadan, selama Anda tidak berlebihan.

Beberapa tips bermanfaat untuk melakukan penelitian kata kunci blog:

  • Gunakan kata kunci berekor panjang – Satu atau dua kata frasa seringkali sangat kompetitif dan sulit untuk diperingkat, sehingga frasa atau pertanyaan yang lebih panjang dan relevan lebih berharga untuk waktu Anda. Sebagai contoh, menargetkan kata kunci yang luas seperti “seo” dalam posting blog kurang masuk akal daripada menjadi lebih spesifik, seperti “seo lokal bisnis kecil.”
  • Pikirkan tentang pencarian suara. Karena semakin banyak orang menggunakan Siri dan Alexa, mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian suara menjadi lebih penting. Dan karena pencarian suara adalah pengembangan baru dalam SEO yang tidak semua bisnis pikirkan, ini adalah cara yang bagus untuk menjadi kompetitif.

2. Periksa Hasil Pencarian di SERP.

Setelah Anda memikirkan kata kunci target Anda, pergilah ke Google dan lakukan beberapa pencarian untuknya. Banyak jenis pencarian sekarang termasuk hasil yang kaya di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Jika pencarian untuk kata kunci target Anda menghasilkan cuplikan unggulan di atas hasil organik, atau jika banyak hasil organik mencakup gambar, gambar mini video, atau informasi kaya lainnya, maka Anda ingin memastikan Anda mengoptimalkan konten Anda untuk bersaing dengan mereka sesuatu.

Dalam beberapa kasus, itu berarti menambahkan markup skema ke halaman web Anda. Di yang lain, itu berarti mengubah cara Anda menyusun konten untuk mencoba bersaing dengan cuplikan unggulan. Apa pun itu, Anda perlu tahu apa yang Anda lawan dan lawan untuk membuat konten yang tepat agar dapat bersaing.

3. Pilih Judul Posting Anda Dengan Baik.

Salah satu bagian utama halaman yang diperhatikan oleh mesin pencari dalam mencoba memahami apa halaman tersebut adalah judulnya. Itu menjadikannya peluang penting bagi Anda untuk mengkomunikasikan topik Anda dengan menggunakan kata kunci target utama Anda.

Pastikan Anda memasukkannya dengan cara yang masuk akal. Jika Anda memilihnya sehingga membingungkan bagi pembaca manusia Anda, kurangnya klik yang Anda dapatkan akan merusak peluang SEO Anda lebih dari penggunaan kata kunci akan membantu mereka. Tetapi karena posting Anda akan membahas topik kata kunci Anda, menemukan cara alami untuk memasukkannya seharusnya tidak terlalu sulit.

4. Sertakan Kata Kunci di URL Anda.

URL halaman adalah tempat penting lainnya untuk memasukkan kata kunci target Anda. Ini bagian lain dari halaman yang dilihat oleh mesin pencari untuk mengetahui bagaimana memahami apa halaman itu dan, dengan demikian, merupakan faktor peringkat yang penting.

Selalu sesuaikan URL sebelum dipublikasikan. Karenanya, posting blog tentang cara menemukan sepatu bot musim dingin yang bagus harus memiliki URL seperti www.shoewebsite.com/blog/winter-boots.

menggunakan kata kunci seo dalam judul dan url posting blog

5. Optimalkan Pos Anda.

Anda mungkin merasakan tema di sini. Judul halaman Anda adalah bagian lain dari halaman yang mesin pencari memberikan bobot dalam mencari tahu tentang apa halaman Anda. Itu berarti bahwa, sekali lagi, Anda ingin mencari peluang untuk (secara alami) memasukkan kata kunci Anda di halaman heading. Itu termasuk apa pun yang memiliki tag <h1>, <h2>, atau <h3> pada halaman.

Baca Juga : Tips Dasar SEO Untuk Pemula Agar Websitenya di Sukai Google

Judul sering kali merupakan tempat yang baik untuk kata kunci sekunder yang ada dalam pikiran Anda, karena mungkin tidak masuk akal untuk menggunakan kata kunci utama Anda di setiap judul di halaman.

6. Gunakan Teks Gambar Anda.

Elemen halaman lain yang diperhatikan mesin pencari adalah teks di belakang gambar Anda. Nama gambar Anda (mis. Kata kunci.jpg) dan teks alternatif yang dapat Anda isi adalah dua tempat lagi yang dapat Anda sertakan kata kunci utama Anda pada halaman.

7. Gunakan Tautan Internal yang Relevan.

Tautan adalah salah satu sinyal peringkat yang paling penting untuk algoritma mesin pencari. Mendapatkan situs web lain untuk ditautkan ke situs Anda adalah sebuah tantangan, tetapi Anda memiliki kekuatan untuk melakukan sebanyak mungkin tautan internal yang relevan di situs Anda sendiri.

Setiap kali Anda menulis posting baru, pikirkan posting blog apa pun yang sudah Anda terbitkan yang relevan dengan apa yang Anda tulis sekarang. Ke mana pun masuk akal untuk melakukannya, tambahkan tautan-tautan itu dan, jika Anda dapat melakukannya secara alami, gunakan teks jangkar yang berhubungan dengan kata kunci target Anda untuk posting lama yang Anda tautkan.

8. Tulis Deskripsi Meta.

Sementara deskripsi meta tidak memengaruhi peringkat situs web Anda, mereka memengaruhi apa yang dilihat orang ketika mereka menelusuri opsi mereka di halaman hasil mesin pencari. Jika mereka mencoba untuk memutuskan antara beberapa tautan di halaman, deskripsi yang kuat yang menggunakan kata kunci yang mereka cari (yang ditampilkan dengan huruf tebal pada SERP) dapat membuat perbedaan dalam memilih untuk mengklik milik Anda.

Google akan menampilkan hingga sekitar 300 karakter pada SERP di bidang deskripsi, jadi cari tahu bagaimana menggambarkan apa yang ada di halaman Anda (menggunakan kata kunci target Anda) dalam beberapa baris di sini.

9. Tautkan Posting Baru Anda ke Posting Lama.

Untuk semua alasan yang sama Anda mencari peluang untuk menambahkan tautan lama dari blog Anda ke posting baru, Anda harus secara berkala meninjau posting lama Anda untuk mencari peluang untuk menautkan ke posting yang diterbitkan kemudian.

Salah satu cara Anda dapat melakukan ini adalah dengan melakukan pencarian situs Anda sendiri untuk kata kunci target dari setiap posting baru yang Anda buat. Ketika Anda menemukan penggunaan kata kunci itu atau istilah yang serupa di posting lama Anda, Anda dapat menambahkan tautan ke yang baru.

10. Pilih Tag dan Kategori Secara Strategis.

Blog memungkinkan Anda membuat tag dan kategori yang membantu Anda mengelompokkan posting terkait secara bersama-sama. Ini adalah bantuan navigasi yang berguna bagi orang yang menelusuri blog Anda dan alat yang dapat Anda gunakan secara strategis untuk SEO. Setiap kategori atau tag yang Anda gunakan membuat halaman baru yang akan menyertakan nama tag atau kategori dalam URL, bersama dengan banyak konten dan tautan yang relevan pada halaman tersebut.

Seperti halnya isian kata kunci, Anda tidak ingin berlebihan di sini dan membuat banyak tag dengan kata kunci yang serupa, tetapi Anda harus berpikir dengan hati-hati tentang kata kunci dan tag mana yang paling berharga bagi pembaca dan untuk strategi SEO Anda.

Buat daftar beberapa berdasarkan kata kunci paling penting yang Anda ingin peringkatkan, tetapi pastikan masing-masing mewakili berbagai jenis topik (mis. Tidak memiliki kategori untuk sinonim atau sedikit variasi istilah) dan menggunakannya kapan saja mereka mau relevan dengan apa yang Anda tulis.

Optimalkan Setiap Posting Blog untuk SEO

Blog Anda adalah salah satu alat SEO paling penting dan kuat. Setiap posting blog yang Anda terbitkan menyajikan sejumlah peluang untuk memperkuat otoritas pencarian situs web Anda. Jangan sia-siakan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk menggunakan kiriman Anda dengan potensi SEO sepenuhnya.

Please rate this

Penulis Ganteng
Penulis Ganteng Adalah Seorang Blogger Yang Ingin Membagikan Pengalaman Pribadi Dalam Menerapkan SEO Untuk Semua Pembaca Disini

One thought on “10 Cara Optimasi Postingan Blog Agar SEO Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *