Tips Dasar SEO Untuk Pemula

Tips Dasar SEO Untuk Pemula Agar Websitenya di Sukai Google

Posted on
5/5 (4)

Optimasi mesin pencari (SEO) terdengar menakutkan bagi kebanyakan blogger. Namun, SEO sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas dari pengguna internet yang mencari konten yang Anda tawarkan. Dalam artikel hari ini, Anda akan belajar tentang apa itu SEO dan mengapa itu penting, serta tips SEO dasar untuk pemula yang dapat Anda terapkan ke blog Anda hari ini.

Pertanyaan cepat: apa yang Anda lakukan ketika Anda memiliki masalah dan Anda ingin tahu solusinya sekarang?

Jika Anda menjawab, “Saya Google itu.” Maka Anda tidak jauh berbeda dari audiens target Anda.

Sebagai seorang blogger, Anda ingin konten Anda ditemukan oleh pembaca Anda.

Bagaimana cara melakukannya?

Optimisasi mesin pencari (SEO).

Dalam posting hari ini, saya akan membahas secara singkat apa itu SEO dan mengapa Anda membutuhkannya. Saya akan memberi Anda sistem sederhana untuk melakukan penelitian kata kunci, yang merupakan dasar dari strategi SEO Anda. Terakhir, saya akan menyebutkan tip SEO dasar yang dapat Anda terapkan ke blog Anda.

Apa itu SEO?

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah praktik pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web atau halaman tertentu dalam hasil mesin pencari organik. SEO berfokus pada mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan rangking dalam hasil mesin pencari dengan menyempurnakan elemen situs web dan konten pada halaman (dikenal sebagai SEO pada halaman) serta membangun dan meningkatkan tautan ke halaman dari situs lain (dikenal sebagai off- halaman SEO).

SEO adalah praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs web Anda melalui hasil mesin pencari organik.

Penting juga untuk dicatat di sini bahwa sepertinya saya akan menggunakan istilah “mesin pencari” dan Google secara bergantian, dan itu karena Google saat ini mendominasi lanskap mesin pencari. Ini bisa berubah di masa depan, tentu saja, tetapi untuk sekarang, mendapatkan blog Anda di halaman hasil pencarian mereka adalah apa yang harus Anda lakukan.

Mengapa Saya Membutuhkan SEO?

Mempromosikan blog Anda melalui media sosial atau iklan berbayar dapat memikat pengguna yang tertarik untuk membaca posting Anda, tentu saja. Tetapi ketika orang ingin menemukan solusi untuk masalah mereka, mereka kebanyakan pergi ke mesin pencari terlebih dahulu. Jadi Anda ingin mereka menemukan posting blog Anda ketika mereka mencari topik yang Anda tulis.

Kunci agar konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang mencarinya adalah memiliki mesin pencari untuk menyimpan situs Anda di basis data mereka. Jadi, Anda perlu mengoptimalkan halaman dan situs Anda sehingga mesin pencari dapat menemukan konten Anda, menyimpannya di database mereka, dan menyajikannya kepada orang-orang yang mencari apa yang Anda tawarkan.

Tetapi bagaimana Anda tahu istilah atau frasa mana yang mengoptimalkan halaman Anda sehingga orang dapat menemukan konten Anda?

Di sinilah riset kata kunci masuk.

Riset Kata Kunci/Keyword

Posting blog yang berhasil dioptimalkan mesin pencari dimulai dengan penelitian kata kunci.

Riset kata kunci adalah proses meneliti dan memilih kata dan frasa (yup, dalam konteks SEO, frasa disebut kata kunci untuk kesederhanaan) yang kemungkinan besar akan dimasukkan pengguna ke mesin pencari ketika mencari topik.

Baca Juga : 10 Tips Optimasi Postingan Blog Agar SEO Friendly

Tujuan Anda saat melakukan penelitian kata kunci adalah untuk menemukan topik yang penting bagi audiens target Anda dan, yang lebih penting, mempelajari bahasa yang mereka gunakan saat mereka mencari informasi tentang topik itu. Dengan kata lain, ia mengetahui audiens target Anda dengan sangat baik sehingga Anda tahu persis kata-kata mana yang akan membuat audiens Anda memperhatikan konten Anda.

Kata kunci yang baik menghasilkan keseimbangan antara berapa kali kata kunci itu dicari (dikenal sebagai volume pencarian) dan berapa banyak posting yang cocok atau memiliki kata kunci itu (pesaing Anda). Jika tidak ada yang mencari kata kunci itu, itu hampir tidak layak ditulis. Demikian pula, jika Anda memiliki terlalu banyak kompetisi, akan sulit untuk melewati mereka untuk masuk ke halaman pertama dari hasil pencarian.

Bagaimana Anda melakukan riset kata kunci?

Seluruh proses penelitian kata kunci layak posting sendiri atau bahkan serangkaian posting, tapi di sini adalah sistem 3 langkah sederhana yang dapat Anda gunakan untuk saat ini.

1. Sebutkan beberapa kata kunci yang mungkin untuk memulai penelitian Anda.

Tuliskan 5 hingga 6 frase yang dapat Anda gunakan untuk memulai penelitian Anda. Coba gunakan kata kunci ekor panjang (yaitu, frasa pencarian yang mengandung 3 kata atau lebih). Mereka adalah jenis pencarian yang paling populer (terutama untuk Google), biasanya kurang kompetitif, dan lebih cenderung untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke blog Anda.

2. Tentukan seberapa populer kata kunci di antara pengguna dan pesaing.

Alat penelitian kata kunci sangat penting untuk langkah ini. Danyon sudah menulis tentang beberapa alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk memilih kata kunci yang tepat. Yang menonjol adalah Google Keyword Planner dan Ubersuggest.

Yang ingin Anda ketahui untuk setiap kata kunci adalah berapa kali orang mencarinya dalam sebulan terakhir. Anda juga ingin tahu berapa peringkat situs web lain untuk kata kunci itu, alias pesaing Anda.

Kata kunci yang sempurna adalah kata kunci yang sedang dicari oleh banyak orang (volume pencarian tinggi) dan dengan beberapa situs web yang mencoba memeringkatnya (persaingan rendah). Jumlah pencarian yang tinggi berarti ada permintaan informasi untuk topik tersebut. Persaingan yang rendah berarti bahwa tidak banyak situs web lain yang mencoba peringkat untuk kata kunci itu dan Anda dapat mengungguli mereka ketika orang mencari kata kunci itu.

3. Ulangi Langkah 2 untuk daftar kata kunci awal Anda sampai Anda menemukan yang tepat.

Jika pemenang yang jelas menonjol dari daftar awal Anda, itu cukup baik bagi Anda untuk mengoptimalkan konten Anda. Tapi terkadang, itu tidak terjadi di babak pertama.

Jika lebih dari satu kata kunci awal yang Anda daftarkan terlihat cukup bagus dalam hal volume pencarian dan persaingan, pilih yang lebih panjang. Sebaliknya, jika tidak ada kata kunci yang Anda daftarkan tampak cukup baik, masuklah lebih dalam ke kata-kata dan frasa terkait dan periksa datanya. Berhati-hatilah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di sini. Seiring waktu, Anda akan belajar cara mengukur apakah kata kunci yang Anda temukan layak untuk ditulis.

Tips Dasar SEO Untuk Pemula: Elemen Di Halaman yang Anda BUTUHKAN Untuk Dioptimalkan

Setelah Anda memilih kata kunci yang akan Anda optimalkan dan Anda telah menulis posting blog yang luar biasa di sekitar kata kunci itu, Anda harus kembali dan mulai mengoptimalkan posting Anda.

Saya tahu saya mengatakan ini untuk pemula, tetapi kami menjelajah ke wilayah non-pemula di sini, jadi saya akan mencoba menjabarkan ini sebaik mungkin. Berikut adalah elemen halaman yang sangat penting bagi Anda untuk dioptimalkan.

Tag Judul

Tag judul adalah komponen on-page terpenting untuk SEO. Ini adalah elemen HTML (ditulis dalam kode sebagai <title>) yang menentukan judul halaman web atau posting blog. Tag judul muncul pada halaman hasil mesin pencari sebagai informasi utama yang dapat diklik untuk sebuah hasil, dan memberi tahu pengguna dan mesin pencari tentang apa halaman tertentu itu.

Tag judul untuk posting blog Anda harus berisi kata kunci Anda, dan sebanyak mungkin, kata kunci tersebut harus di awal tag judul. Tentu saja, jika judul Anda tidak masuk akal seperti itu, tidak apa-apa untuk memindahkannya kembali. Perlu diingat bahwa semakin dekat kata kunci Anda dengan permulaan, semakin besar dampaknya pada peringkat Anda.

Selain memasukkan kata kunci Anda dalam tag judul, Anda juga ingin judul yang menarik sehingga pembaca tertarik untuk mengklik. Selain itu, Anda ingin menjaga tag judul Anda hingga 70 karakter atau kurang, karena Google akan memotong judul lebih dari 70 karakter.

URL

URL ke posting Anda muncul pada hasil mesin pencari di bawah tag judul. Saat ini, Google tidak terlalu mementingkan URL dalam hal pemeringkatan, dan jika benar, Google hanya memperhatikan 3 sampai 5 kata pertama. Tetapi jika seseorang mencari kata kunci yang Anda gunakan, Google akan menampilkan URL Anda dalam huruf tebal. Jadi, kata kunci Anda harus ada di URL posting Anda untuk menarik perhatian dan menarik orang untuk mengklik.

Misalnya, jika saya menulis artikel dengan “kata kunci yang sempurna untuk niche saya” sebagai kata kunci saya, URL posting itu akan terlihat seperti: https://stoppingscams.com/perfect-keyword-for-my-niche dengan tanda hubung kata-kata alih-alih satu string panjang untuk memudahkan orang (dan mesin pencari) untuk membaca.

Deskripsi meta

Deskripsi meta, secara teknis “meta tag” deskripsi “, adalah ringkasan dari isi suatu halaman. Google mungkin (mis., Tidak selalu) menggunakannya sebagai cuplikan untuk posting blog Anda. Jika ya, maka deskripsi meta ditampilkan di halaman hasil pencarian di bawah URL.

Untuk meningkatkan peluang Google menampilkannya di halaman hasil mesin pencari, Anda perlu memasukkan kata kunci Anda dalam deskripsi meta. Seperti halnya URL, jika kata kunci Anda dapat ditemukan dalam deskripsi meta, kata kunci itu akan ditampilkan dalam huruf tebal, memberi tahu pengguna bahwa konten pada halaman cocok dengan apa yang mereka cari.

Jika orang tidak yakin dengan tag judul dan URL posting Anda untuk mengklik posting blog Anda dan membacanya, deskripsi meta Anda adalah kesempatan terakhir Anda (setidaknya pada halaman hasil pencarian). Ringkas konten Anda sebaik mungkin dan paksa mereka untuk mengklik dan membaca. Sertakan ajakan untuk bertindak di akhir. Waspadalah terhadap batas karakter di sini; apa pun di atas 160 karakter akan terpotong oleh Google.

Terakhir, pastikan konten Anda memenuhi apa yang dijanjikan deskripsi meta Anda. Jangan menyesatkan pembaca Anda. Jika tidak, mereka tidak akan mempercayai hasil pencarian di masa depan dari blog Anda, bahkan jika itu mendarat di halaman hasil pencarian pertama. Plus, Google akan menangkap dengan cepat dan menghukum Anda untuk itu.

Inilah hasil pencarian Google biasanya. Perhatikan di mana tag judul, URL, dan deskripsi meta berada.

Tag Judul: H1

Tag heading adalah elemen HTML yang membantu menentukan struktur artikel Anda dengan memungkinkan Anda menentukan judul dan subjudul, yang diberi peringkat sesuai dengan kepentingannya. Dari tag heading, H1 (ditulis sebagai <h1>) adalah yang paling penting, diikuti oleh H2 (ditulis sebagai <h2>), dan seterusnya hingga H6.

Tag heading H1 digunakan untuk judul posting blog Anda yang sebenarnya. Ketika seorang pengguna mengklik tag judul Anda pada halaman hasil pencarian mereka, mereka akan dibawa ke posting blog Anda, di mana tag H1 Anda ditampilkan sebagai judul posting blog Anda.

Bot pencarian Google menggunakan H1 posting blog Anda untuk menentukan tentang apa itu. Jadi, kata kunci Anda juga harus dalam tag H1 Anda. Pastikan juga Anda hanya memiliki satu tag H1 sehingga struktur artikel Anda tidak membingungkan bagi pembaca dan juga mesin pencari.

Yang terbaik adalah menjaga judul posting blog Anda sedekat mungkin dengan tag judul yang akan dilihat audiens Anda di halaman hasil pencarian. Anda tidak ingin orang mengklik posting blog Anda dari pencarian, melihat judul Anda dan kemudian mengklik pergi karena itu bukan yang mereka harapkan. Perilaku semacam itu di halaman memberi tahu Google bahwa postingan Anda tidak berkualitas dan menyebabkannya menurunkan peringkat Anda.

Tag Judul: H2 hingga H6

Seperti yang saya sebutkan di atas, judul H2 ke H6 tidak sepenting H1 ketika datang ke SEO per se. Namun, bot mesin pencari ingin melihat konten yang diorganisir, terutama jika posting Anda lebih panjang (1.500 kata atau lebih), dan mereka akan memindai judul Anda untuk melihat bagaimana Anda menyusun konten Anda. Dengan demikian, Anda akan ingin memasukkan kata kunci Anda dalam satu yang lain selain dari H1 untuk ukuran yang baik, terutama dalam H2.

Teks Body

Hal utama yang perlu Anda fokuskan saat membuat konten Anda adalah membuatnya semahal mungkin bagi pembaca Anda. Selain menulis posting blog berkualitas tinggi, cobalah untuk memasukkan kata kunci ketika mereka masuk akal dalam konten, lebih disukai dalam 100 kata pertama dari artikel Anda sehingga ada di bagian pendahuluan Anda.

Jika Anda melakukan ini dengan benar, yaitu, sehingga dibaca secara alami, Anda mungkin dapat menambahkan kata kunci hanya sekali atau dua kali di seluruh artikel, terutama jika Anda menggunakan kata kunci berekor panjang. Tidak apa-apa. Algoritma Google telah menjadi sangat baik sehingga selama Anda menggunakan sinonim kata kunci Anda di seluruh teks, Google akan memahami bahwa semuanya terkait dengan kata kunci target Anda.

Sebaliknya, jika Anda hanya memasukkan banyak kata kunci yang tidak perlu dan di luar konteks (juga disebut “isian kata kunci”), Google akan tahu. Lebih penting lagi, pembaca akan tahu bahwa konten Anda berkualitas rendah dan tidak layak dibaca. Itu hanya tidak sepadan dengan usaha; habiskan upaya itu untuk membuat konten berkualitas tinggi sebagai gantinya.

Tautan Internal

Jika Anda menulis sejumlah artikel dengan konten terkait, itu akan membuat keajaiban untuk SEO Anda jika Anda dapat menautkan ke posting blog terkait lainnya di artikel Anda.

Ingat, tautkan hanya ke konten yang relevan, dan bukan hanya demi memiliki tautan internal pada artikel Anda. Jika Anda baru mulai menulis tentang topik tertentu, tidak apa-apa jika Anda tidak bisa melakukan ini terlebih dahulu. Anda akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk melakukan tautan internal semakin banyak Anda menulis tentang topik tertentu. Bonus: Anda selalu dapat kembali ke pos lama dan menaut ke pos baru. Google menyukai konten yang segar dan diperbarui.

Tautan Eksternal

Tautan eksternal, atau keluar, adalah tautan ke situs web atau halaman lain. Cobalah untuk memasukkan setidaknya satu tautan eksternal dalam artikel Anda, atau bahkan dua atau lebih untuk artikel yang lebih panjang.

Apa? Arahkan pembaca Anda jauh dari artikel Anda?

Aku tahu kedengarannya aneh, tapi dengarkan aku.

Ketika Anda menautkan ke situs web terkait, ini membantu mesin pencari memahami topik posting Anda. Plus, ketika Anda menautkan ke situs web terkait, otoritas tinggi, itu meningkatkan peringkat kepercayaan dan otoritas situs web Anda.

Jangan tautkan ke situs lain hanya karena. Jika Anda menautkan ke situs yang tidak terkait dan tidak dapat dipercaya, Anda berisiko merusak SEO Anda alih-alih membantunya.

Singkatnya, SEO bermanfaat bagi Anda untuk ditautkan ke situs web terkait yang berkualitas tinggi.

Anchor Teks

Anchor text adalah kata atau frasa yang dapat diklik yang menghubungkan ke halaman lain, baik Anda menautkan di dalam atau di luar blog Anda. Misalnya, jika saya menautkan kembali ke beranda StoppingScams, “beranda StoppingScams” adalah teks jangkar.

Mesin telusur mempertimbangkan teks ini saat memberi peringkat pada posting Anda, jadi pastikan untuk selalu menggunakan teks jangkar ketika Anda menautkan dan menggunakan kata kunci dalam teks jangkar kapan pun itu masuk akal.

Sangat menggoda untuk SELALU menggunakan kata kunci target Anda di SEMUA teks jangkar Anda karena perhatian ekstra yang mereka dapatkan dari mesin pencari. Namun, itu tidak selalu tepat. Seperti dalam teks tubuh Anda, jangan berlebihan. Membumbui konten Anda dengan kata kunci di SEMUA teks jangkar Anda hanya akan membuat Anda berada di sisi buruk Google.

Alih-alih, pastikan bahwa anchor text yang Anda gunakan sesuai dengan halaman yang Anda tautkan. Atau jika itu tidak mungkin mengingat konteks kalimat, setidaknya gunakan kata-kata di sekitarnya yang terkait.

Gambar

Selain meningkatkan keterlibatan dan keterbacaan, gambar adalah peluang besar untuk dioptimalkan untuk mesin pencari.

Anda seharusnya sudah memasukkan gambar ke dalam posting blog Anda (jika Anda tidak, berikut adalah alasan mengapa Anda benar-benar harus). Ingatlah bahwa semua gambar Anda akan memiliki judul, nama file, dan atribut alt (juga disebut “tag alt” atau “teks alt”).

Jika Anda tidak terbiasa dengan apa atribut alt, mereka atribut dalam gambar Anda yang pembaca layar dapat membaca untuk membantu menggambarkan gambar kepada tunanetra. Karena ini sebenarnya adalah fungsi yang berguna, kami tidak ingin menyalahgunakan ini semata-mata untuk SEO kami, meskipun dapat tergoda untuk menempatkan kata kunci Anda di SEMUA atribut alt semua gambar.

Sebaliknya, bertujuan untuk menjadi deskriptif dalam atribut alt Anda. Pikirkan bagaimana Anda akan mendeskripsikan gambar kepada seseorang yang tidak dapat melihat, dan itulah yang seharusnya Anda tempatkan di sana.

Anda memiliki kelonggaran dengan satu gambar di pos Anda: gambar unggulan Anda. Pastikan bahwa setiap posting memiliki gambar unggulan yang memiliki kata kunci Anda dalam judul, nama file, dan atribut alt.

Anda dapat melakukan ini untuk gambar unggulan Anda, terutama jika Anda memiliki judul di gambar unggulan Anda seperti yang saya sarankan di artikel ini karena gambar ini khusus untuk posting blog Anda; yaitu, itu dimaksudkan untuk secara visual mewakili posting blog Anda di blog Anda dan di media sosial.

Jika Anda mengoptimalkan judul posting Anda, maka itu akan memiliki kata kunci Anda. Dengan demikian, masuk akal bahwa judul gambar, nama file, dan atribut alt Anda semua akan memiliki kata kunci.

Bonus: Gambar pilihan Anda memiliki kemungkinan muncul di halaman hasil pencarian gambar jika secara kebetulan pengguna mencari di Gambar Google atau jika mereka mengklik tab Gambar pada pencarian normal untuk kata kunci Anda. Jarang, tetapi bisa terjadi.

Penutupan

SEO adalah subjek masif dan keruh yang akan membutuhkan lebih dari beberapa paragraf untuk dibahas secara menyeluruh. Saya hanya membahas dasar-dasar dalam posting ini, dan saya harap ini akan memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk mulai mengoptimalkan posting Anda untuk mesin pencari.

Biarkan saya meninjau tips yang saya sebutkan di artikel hari ini.

  • Sebelum menulis posting blog Anda, cari kata kunci yang tepat dengan melakukan riset kata kunci.
  • Kata kunci Anda harus dalam tag judul, URL, dan deskripsi meta Anda.
  • Sertakan kata kunci Anda dalam tag H1 Anda, dan satu judul lainnya, lebih disukai tag H2.
  • Kata kunci Anda harus dalam 100 kata pertama dari teks tubuh Anda.
  • Sertakan tautan internal ke pos terkait dalam blog Anda, serta tautan eksternal ke pos terkait di situs web otoritas tinggi dan berkualitas tinggi lainnya. Pastikan Anda menggunakan anchor text yang relevan.
  • Pastikan bahwa setiap posting yang Anda terbitkan memiliki gambar unggulan dengan judul, nama file, dan atribut alt semua mengandung kata kunci Anda.

Sebelum Anda maju dan mengoptimalkan, saya memiliki beberapa tips dan pengingat yang ingin saya bagikan

SEO pada halaman tidak ada gunanya tanpa konten berkualitas.

Tidak peduli seberapa sempurna penelitian kata kunci Anda, tidak peduli seberapa baik Anda memasukkan kata kunci Anda dalam konten Anda, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan manfaat dari SEO jika konten Anda omong kosong.

Berfokuslah untuk membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi, dan kemudian bekerja untuk mengoptimalkannya sehingga orang-orang dapat menemukan konten Anda yang luar biasa.

Jangan mencoba permainan sistem.

Apa pun yang Anda pikirkan untuk lakukan untuk mendapatkan peluang menguntungkan Anda, itu sudah dicoba. Serius.

Google terlalu pintar untuk itu. Isian kata kunci? Google tahu. Ingin memanipulasi tautan keluar Anda untuk meningkatkan peringkat Anda? Google tahu. Berencana untuk menyembunyikan kata kunci Anda di suatu tempat di halaman Anda sehingga pengguna tidak dapat melihatnya tetapi mesin pencari bisa? Yup, Anda bisa menebaknya. Google tahu.

Tentu saja, orang akan selalu mencoba untuk bekerja di sekitar algoritma canggih Google, tetapi mengapa menghabiskan semua waktu dan upaya mempelajari bagaimana melakukannya ketika Anda dapat menghabiskan waktu dan upaya itu untuk benar-benar membuat konten untuk pembaca Anda? Bagaimanapun, Google dapat runtuh suatu hari, dan Anda akan dibiarkan dengan konten yang tidak berharga. Ini membawa saya ke hal terakhir, yaitu:

Buat konten untuk pembaca Anda, bukan untuk mesin pencari.

Jangan salah: menulis untuk pembaca Anda sambil membuatnya menarik untuk mesin pencari juga menantang.

Pembuatan konten akan jauh lebih sederhana jika menyenangkan satu berarti menyenangkan yang lain. Namun, kita tahu ini tidak selalu terjadi.

Ingat ini, meskipun: Google tidak akan berlangganan pembaruan email Anda, atau berbagi konten Anda dengan orang lain, atau membayar Anda ke blog, atau membeli produk Anda.

Pembaca Anda akan.

Jadi, ketika Anda membuat konten, selalu menempatkan kebutuhan pembaca Anda terlebih dahulu dan mesin pencari kedua. Anda ingin konten luar biasa Anda ditemukan, tentu saja, tetapi Anda hanya dapat melakukan begitu banyak. Energi Anda akan lebih baik dihabiskan untuk membuat konten luar biasa yang dibagikan dan ditautkan oleh manusia.

Please rate this

Penulis Ganteng
Penulis Ganteng Adalah Seorang Blogger Yang Ingin Membagikan Pengalaman Pribadi Dalam Menerapkan SEO Untuk Semua Pembaca Disini

2 thoughts on “Tips Dasar SEO Untuk Pemula Agar Websitenya di Sukai Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *